Text
PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran E-LKPD berbasis PBL serta untuk melihat keefektifan perangkat pembelajaran tersebut pada kelas V di sekolah dasar terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development model ADDIE. Perangkat yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli perangkat pembelajaran, materi, bahasa, dan praktisi. Setelah melakukan validasi, maka dilakukan uji lapangan terhadap E-LKPD, kemudian dilakukan uji keefektifan E-LKPD. E-LKPD diuji cobakan pada siswa kelas V di SDN 1 Kedunglurah, SDN 1 Karangan, SDN 2 Sambirejo, dan SDN 2 Sumbergedong yang terletak di Kabupaten Trenggalek. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran E-LKPD berbasis PBL efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V di sekolah dasar. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil uji beda bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah sebelum dan sesudah penggunaan perangkat pembelajaran E-LKPD berbasis PBL pada siswa kelas V sekolah dasar.
Tidak tersedia versi lain