Text
PENGARUH METODE INFORMATION SEARCH TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Information Search
terhadap keterampilan menulis siswa kelas III sekolah dasar. Penelitian ini mengunakan
metode penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental jenis nonequivalent control
group design sehingga terdapat kelas eksperimen dan kelas kontrol kemudian hasil pre-test
dan post-test kedua kelas tersebut dibandingkan. Sampel penelitian berjumlah 58 siswa yang
ditentukan dengan teknik non probability sampling dengan jenis sampling purposive
sampling. Pengumpulan data keterampilan menulis dilakukan dengan lembar tes yang terdiri
dari pilihan ganda serta lembar observasi. Data hasil penelitian kemudian di analisis dengan
SPSS 25. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan atas
keterampilan menulis siswa yang memperoleh metode Information Search dengan siswa
yang memperoleh pembelajaran konvensional dengan nilai signifikasinya pada t-testsebesar
0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada perbedaan nilai rata rata
keterampilan menulis yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran
menggunakan metode Information Search di SDN 2 Tanggulwelahan dengan siswa yang
mendapatkan pembelajaran kovensional di SDN 3 Bendorejo."
Tidak tersedia versi lain