Text
PENGEMBANGAN MEDIA E-BIG BOOK BERBASIS ILMIAH PADA MATERI BENCANA ALAM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Peneliti pengembangan media E-big book berbasis ilmiah ini dilatar belakangi oleh rendahnya literasi sains siwsa terkait materi bencan alam dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar, sehingga kurang menarik perhatian siswa di SDN 1 Petung, SDN 2 Petung, SDN 3 Dongko dan SDN 2 Suruh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi pembelajaran di SDN 1 Petung, SDN 2 Petung, SDN 3 Dongko dan SDN 2 Suruh, mengetahui desain pengembangan media E-big book berbasis ilmiah, dan menguji keefektifan media pembelajaran E-big book berbasis ilmiah sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan literasi sains pada materi bencana alam. Metode dan jenis penelitian yang digunakan adalah Research and development (R&D) dengan Model pengembangan ADDIE. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Petung, SDN 2 Petung, SDN 3 Dongko dan SDN 2 Suruh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket test. Analisis yang digunakan adalah validasi ahli dan uji paired sample t Test. Berdasarkan hasil validasi para ahli, media pembelajaran E-big book Berbasis Ilmiah Pada Materi Bencana Alam Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal tersebut berdasarkan persentase kelayakan dari ahli media 96,8% (sangat valid), ahli materi 97,5% (sangat valid), ahli bahasa 93% (sangat valid) dan ahli praktisi 100%.(sangat valid). Dengan demikian, media pembelajaran
Tidak tersedia versi lain