Text
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN TERHADAP KENAKALAN SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 2 TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2023/2024
Penelitian ini dilatar belakangi pendidikan karakter disiplin belajar dan pengaruhnya terhadap kenakalan siswa. Fokus penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter khususnya pada nilai kedisiplinan belajar siswa di sekolah sebagai upaya pencegahan terhadap kenakalan siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Trenggalek. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui cara pengimplementasian pendidikan karakter disiplin belajar pada kelas VIII dalam hal pencegahan kenakalan siswa di sekolah. Motode penelitian ini deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah bentuk kedisiplinan siswa di kelas seperti piket dan kedisiplinan di sekolah seperti masuk jam 7 pagi; selanjutnya cara guru membangun kedisiplinan belajar siswa seperti pengkondisian kelas, memberi contoh yang baik; pembiasaan yang dilakukan siswa meliputi membaca Qur’an sebelum KBM, berdoa dan melaksanakan literasi; faktor yang menghambat penanaman pendidikan karakter disiplin belajar siswa yaitu faktor dari luar seperti kurangnya perhatian orang tua dan faktor dari dalam seperti rasa malas dari siswa, kemudian bentuk pelanggaran disiplin siswa kelas VIII diantaranya tidak masuk kelas; tidak memakai atribut lengkap; tidak mengerjakan tugas, dan yang terakhir adalah sanksi yang diberikan guru adalah melaporkan ke wali kelas dan jika pelanggaran yang dilakukan siswa tercantum dalam buku kendali siswa dan akan diserahkan ke pihak BK secara langsung. Kepada guru diharapkan untuk tetap meningkatkan kedisiplinan belajar maupun perilaku siswa dan kepada siswa diharapkan untuk selalu giat dan disiplin dalam belajar baik di sekolah maupun luar sekolah.
Tidak tersedia versi lain