Text
PENERAPAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 POGALAN
"Pendidikan Pancasila sangat penting ditanamkan dalam kehidupan
masyarakat, bangsa, dan negara, namun masalah yang dihadapi saat ini
pendidikan di Indonesia cenderung mengarah pada aspek kognitif (pengetahuan)
siswa saja dan kurang pada aspek afektif (sikap) dan aspek psikomotorik
(keterampilan). Dengan adanya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
yang merupakan salah satu program dalam Kurikulum Merdeka yang
dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi dan membentuk siswa yang sesuai
dengan nilai- nilai Pancasila menjadi salah satu solusi terhadap permasalahan
pendidikan di Indonesia.
Untuk memperoleh gambaran yang maksimal dalam penelitian, penulis
melakukan penelitian dengan rumusan permasalahan tentang Program apa yang
disusun dalam penerapan P5, kendala yang dihadapi saat penerapan P5, dan solusi
yang dilakukan terkait persoalan P5 di SMP Negeri 1 Pogalan Kabupaten
Trenggalek Pada semester ganjil tahun 2023/2024?. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui Program apa yang disusun dalam penerapan P5
sekaligus kendala yang dihadapi saat penerapan P5, dan juga solusi yang
dilakukan terkait persoalan P5 di SMP Negeri 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek
Pada semester ganjil tahun 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan data berupa deskriptif. Teknik pengambilan data pada
penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan
dokumentasi.Setelah dilakukan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dalam
penerapan kegiatan P5 program kegiatan yang disusun meliputi Tema Suara
Demokrasi, Tema Gaya Hidup Berkelanjutan, Tema Bangunlah Jiwa dan Raga,
dan Tema Kewirausahaan. Kendala yang dihadapi sekolah pada saat penerapan P5
yaitu meliputi peserta didik yang tidak ikut bekerja sama dengan teman
sekelompoknya dan tidak dapat hadir untuk mengerjakan tugas kelompok. Selain
itu, guru harus dapat menyampaikan materi kegiatan P5 meskipun tidak sesuai
dengan bidang studi yang diampunya. Solusi yang dilakukan oleh sekolah yaitu
pihak sekolah memberikan fasilitas penuh dan mendukung adanya kegiatan P5.
Selain itu, peserta didik menyikapi dengan positif dan bertanggung jawab dengan
munculnya persoalan yang terjadi pada saat kegiatan P5 di sekolah
Kegiatan P5 sangat penting dalam dunia pendidikan sebagai peningkatan
karakter, diharapkan semua pihak dapat selalu menanamkan sikap positif terhadap
siswa dalam menghargai Pancasila dan selalu memberikan informasi dan
memberikan contoh untuk selalu mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam
Profil Pelajar Pancasila."
Tidak tersedia versi lain