0,05 pretest normal dan p hitung 0,086>0,05 postest normal. Keempat, penelitian didapatkan dari penelitian ini memiliki rata-rata pretest 51,63 dan postest 66,42. dan hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan yang nyata dari data pretest dan postest. Kelima, menggunakan rumus N-Gain penerapan metode kooperatif dengan menggunakan media pop up book diperoleh sebesar 30,22% tidak efektif. Dari hasil uji analisis data menunjukkan hasil sebagai berikut: Pertama terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar metode kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media pop-up book dalam pembelajaran senam lantai kelas IV SDN 3 Karangsoko pada data pretest dan postest. Kedua ada pengaruh penerapan metode kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media pop-up book perlakuan atau treatment dalam pembelajaran senam lantai kelas IV SDN 3 Karangsoko. Ketiga efektifitas penerapan metode kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media ¬pop-up book dalam pembelajaran senam lantai kelas IV SDN 3 Karangsoko tidak efektif. Saran dari peneliti setiap strategi dan metode pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, diharapkan lebih banyak penelitian di bidang ini akan memungkinkan pengembangan pendekatan dan strategi pembelajaran baru." " />

E-Resources