0,05 pretest normal dan p hitung 0,086>0,05 postest normal. Keempat, penelitian didapatkan dari penelitian ini memiliki rata-rata pretest 51,63 dan postest 66,42. dan hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan yang nyata dari data pretest dan postest. Kelima, menggunakan rumus N-Gain penerapan metode kooperatif dengan menggunakan media pop up book diperoleh sebesar 30,22% tidak efektif. Dari hasil uji analisis data menunjukkan hasil sebagai berikut: Pertama terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar metode kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media pop-up book dalam pembelajaran senam lantai kelas IV SDN 3 Karangsoko pada data pretest dan postest. Kedua ada pengaruh penerapan metode kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media pop-up book perlakuan atau treatment dalam pembelajaran senam lantai kelas IV SDN 3 Karangsoko. Ketiga efektifitas penerapan metode kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media ¬pop-up book dalam pembelajaran senam lantai kelas IV SDN 3 Karangsoko tidak efektif. Saran dari peneliti setiap strategi dan metode pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, diharapkan lebih banyak penelitian di bidang ini akan memungkinkan pengembangan pendekatan dan strategi pembelajaran baru." " />
Text
EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE KOOPERATIF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN SENAM LANTAI SISWA KELAS IV SDN 3 KARANGSOKO
"Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Karangsoko Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek, penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru PJOK di sekolah ini memiliki sedikit kendali atas media yang digunakan dalam pengajaran di kelas, sehingga membuat siswa enggan terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media pop-up book terhadap hasil pembelajaran senam lantai kelas IV SDN 3 Karangsoko.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan one group pretest-postest design. Untuk tujuan penelitian ini, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan soal pretest dan pretest. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes tertulis. Setelah di lakukan uji analisis didapatkan hasil berikut: Pertama, dari 44 soal pilihan ganda ada 33 soal yang valid sesuai indikator serta reliabel sebesar 0,739. Kedua, penghitungan nilai dengan frekuensi 0-100. Ketiga, p hitung 0,306>0,05 pretest normal dan p hitung 0,086>0,05 postest normal. Keempat, penelitian didapatkan dari penelitian ini memiliki rata-rata pretest 51,63 dan postest 66,42. dan hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan yang nyata dari data pretest dan postest. Kelima, menggunakan rumus N-Gain penerapan metode kooperatif dengan menggunakan media pop up book diperoleh sebesar 30,22% tidak efektif.
Dari hasil uji analisis data menunjukkan hasil sebagai berikut: Pertama terdapat perbedaan yang nyata antara hasil belajar metode kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media pop-up book dalam pembelajaran senam lantai kelas IV SDN 3 Karangsoko pada data pretest dan postest. Kedua ada pengaruh penerapan metode kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media pop-up book perlakuan atau treatment dalam pembelajaran senam lantai kelas IV SDN 3 Karangsoko. Ketiga efektifitas penerapan metode kooperatif tipe STAD dengan menggunakan media ¬pop-up book dalam pembelajaran senam lantai kelas IV SDN 3 Karangsoko tidak efektif. Saran dari peneliti setiap strategi dan metode pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, diharapkan lebih banyak penelitian di bidang ini akan memungkinkan pengembangan pendekatan dan strategi pembelajaran baru."
Tidak tersedia versi lain