Text
ANALISIS CLUSTER HASIL BELAJAR BOLA VOLI KELAS VII TINGKAT SMP DI KECAMATAN TRENGGALEK
"Pendidikan merupakan sebuah usaha secara sadar dan terencana yang akan dilakukan untuk mewujudkan sebuah suasana belajar serta proses pada pembelajaran agar peserta didik dapat mengembangkan sebuah potensi pada dirinya secara aktif. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis data hasil belajar bola voli yaitu metode analisis cluster yang merupakan salah satu teknik analisis multivariat yang bertujuan untuk mengklasterkan data observasi ataupun variabel-variabel ke dalam kelompok yang memiliki kedekatan jarak dan tingkat kemiripan yang tinggi. Tujuan dari pengklasteran tersebut yaitu untuk mengetahui sekolah-sekolah yang memiliki kedekatan atau kemiripan dalam aspek kogntif, afektif, dan psikomotor serta untuk mengurangi permasalahan pendidikan di Indonesia yang sering terjadi. Kaitannya dalam dunia pendidikan adalah untuk mengetahui perkembangan para pelajar di negeri ini melalui sebuah clustering. Dimana hal tersebut tentunya sangat membantu mengatasi masalah pendidikan yang sedang terjadi. Yang mana hal ini akan membawa pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan pendidikan.
Dalam analisis cluster terdapat tiga metode, yaitu metode hirarki, non hirarki, dan two step cluster. Metode hirarki terbagi atas 5 metode antara lain metode Complete Linkage, Average Linkage, Single Linkage, Centroid, dan Ward Linkage. Pada penelitian ini digunakan Metode Average Linkage. Metode Average Linkage menggunakan nilai rata-rata pada variabel kemudian diterapkan dalam pengelompokan jumlah data hasil belajar bola voli kelas VII semester 1 di Kecamatan Trenggalek Tahun 2024. Hasil pengelompokan pada penelitian ini terdapat 3 cluster yaitu cluster 1 terdiri dari SMPN 2 Trenggalek, SMPN 3 Trenggalek, SMPN 4 Trenggalek, dan SMPN 5 Trenggalek. Cluster 2 terdiri dari SMPN 6 Trenggalek. Cluster 3 terdiri dari SMPN 1 Trenggalek."
Tidak tersedia versi lain