(1,662) dengan signifikasi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh antara E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian. Terdapat pengaruh positif Komunikasi Persuasif (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) dibuktikan dengan nilai thitung (11,585) > (1,662) dengan signifikasi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh Komunikasi persuasif terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan hasil uji F menujukkan Ftabel sebesar 3,10 di mana menunjukkan Fhitung (68,784) > Ftabel dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang siginifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh secara parasial dan simultan antara variabel E-Commerce sebagai X1 dan Komunikasi Persuasif sebagai X2 terhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara keseluruhan pengaruh E-Commerce (X1) dan Komunikasi Persuasif (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) adalah sebesar 60,9% sedangkan sisanya sebesar 39,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel dalam penelitian ini." " />
Text
PENGARUH E-COMMERCE DAN KOMUNIKASI PERSUASIF TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BELANJA ONLINE DI SHOPEE MAHASISWA STKIP PGRI TRENGGALEK
"Perkembangan teknologi yang semakin pesat, E-commerce Shopee memberikan komunikasi persuasif yang efektif, menggunakan promosi, ulasan positif, dan testimoni pelanggan untuk membujuk mahasiswa agar melakukan pembelian. Tetapi pada kenyataanya terdapat mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek yang kurang teliti dalam membaca informasi produk yang diberikan oleh produsen atau penjual. Banyak dari mereka yang hanya mengutamakan komunikasi persuasif dalam iklan yang tersebar di platform e-commerce shopee
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) E-Commerce; (2) Komunikasi Persuasif dan (3) E-Commerce dan Komunikasi Persuasif terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek Tahun Akademik 2023/2024 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif kausal dengan menggunakan analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa STKIP PGRI Trenggalek dengan jumlah 726 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 88 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket tertutup yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana, regresi linier berganda, uji t dan uji F. Dalam penelitian ini variabel bebas X1 (E-Commerce), X2 (Komunikasi Persuasif) dan variabel terikat Y (Keputusan Pembelian).
Hasil penelitian yang telah dilakukan menujukkan terdapat pengaruh positif E-Commerce (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y) dibuktikan dari nilai thitung (7,686) > (1,662) dengan signifikasi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh antara E-Commerce terhadap Keputusan Pembelian. Terdapat pengaruh positif Komunikasi Persuasif (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y) dibuktikan dengan nilai thitung (11,585) > (1,662) dengan signifikasi 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh Komunikasi persuasif terhadap Keputusan Pembelian. Sedangkan hasil uji F menujukkan Ftabel sebesar 3,10 di mana menunjukkan Fhitung (68,784) > Ftabel dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang siginifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh secara parasial dan simultan antara variabel E-Commerce sebagai X1 dan Komunikasi Persuasif sebagai X2 terhadap Keputusan Pembelian (Y). Secara keseluruhan pengaruh E-Commerce (X1) dan Komunikasi Persuasif (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) adalah sebesar 60,9% sedangkan sisanya sebesar 39,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar variabel dalam penelitian ini."
Tidak tersedia versi lain