Text
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS EKSPOSISI UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 TRENGGALEK.
"Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di SMK Negeri 2
Trenggalek, didapatkan kesenjangan yang terdapat pada siswa kelas X DPIB A
yaitu kurangnya ketertarikan siswa dalam mata pelajaran teks eksposisi karena
materi teks eksposisi memiliki bacaan yang banyak sehingga sulit dipahami dan
dalam pembelajarannya guru belum menggunakan media yang efektif dan efisien.
Apabila kesenjangan tersebut terjadi secara terus menerus dan tidak segera
ditangani, maka akan berdampak negatif pada hasil belajar siswa sehingga tujuan
pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Dari kesenjangan tersebut diperlukan
suatu pengembagan media yang dapat menambah minat siswa dalam mempelajari
materi teks eksposisi yaitu multimedia interaktif pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia materi teks eksposisi untuk siswa kelas X SMK Negeri 2 trenggalek
dengan uji kelayakan dan efektifitas media tersebut. Multimedia pembelajaran
interaktif merupakan sebuah media pembelajaran berbasis komputer yang
menggabungkan teks, gambar, audio, video yang dapat digunakan oleh pengguna
sehingga adanya interaksi antara pengguna dan media.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif pada
mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks eksposisi untuk siswa kelas X SMK
Negeri 2 Trenggalek serta untuk mengetahui kelayakan dan efektifitas produk
multimedia interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks eksposisi
untuk siswa kelas X SMK Negeri 2 Trenggalek.
Penelitian ini merupakan penelitian berjenis pengembangan atau research and
development (R&D). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian sampel sebanyak
36 siswa dari total populasi 108 siswa kelas X DPIB SMK Negeri 2 Trenggalek.
Pada tahap pengumpulan data penulis menggunakan angket dan wawancara untuk
mengetahui kelayakan produk multimedia interaktif serta menggunakan metode tes
(pre-test dan post-test) untuk mengetahui efektifitas produk multimedia interaktif
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks eksposisi untuk siswa kelas X
SMK Negeri 2 Trenggalek.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Pengembangan multimedia
interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks eksposisi untuk siswa
kelas X SMK Negeri 2 Trenggalek, dengan menggunakan prosedur penelitian
model ASSURE yaitu Analyze learner characteristic (mengidentifikasi
karakteristik siswa), State objective (menetapkan tujuan pembelajaran), Select
method, media and learning materials (memilih metode, media, dan bahan ajar),
utilize materials (menggunakannya dalam pembelajaran), Require learning participation (melibatkan siswa) Evaluate and revise (evaluasi dan revisi). 2) Hasil
validasi kelayakan multimedia interaktif oleh ahli media memperoleh nilai 90%. 3)
Hasil validasi ahli materi memperoleh hasil 90%. 4) Hasil validasi ahli bahasa
memperoleh hasil 77%. 5) Hasil Uji coba terhadap guru terkait kelayakan
multimedia interaktif memperoleh nilai 89% dengan kategori sangat baik. 6) Hasil
uji kelayakan terhadap siswa pada uji coba perorangan memperoleh nilai 88%, uji
coba kelompok kecil memperoleh nilai 88,43%, dan uji coba kelompok besar
memperoleh nilai 86,4% dengan kategori sangat layak. 7) Hasil uji efektifitas
mendapatkan nilai 0,000 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar
setelah penggunaan multimedia interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
materi teks eksposisi untuk siswa kelas X DPIB A SMK Negeri 2 Trenggalek.
Dari hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa produk multimedia
interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks eksposisi layak dan
efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran."
Tidak tersedia versi lain