Text
HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR MAHASISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN
"Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, Metodologi Penelitian
Kebiasaan belajar yang efektif penting bagi mahasiswa untuk mengoptimalkan pemahaman materi dan mengurangi stres. Kebiasaan belajar yang efektif akan ditandai dengan mengatur jadwal belajar secara teratur, rajin membaca buku dan membuat catatan, mengulang kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya, dan konsentrasi mengerjakan tugas. Namun, tidak semua mahasiswa memiliki kebiasaan belajar yang baik. Berdasarkan studi pendahuluan, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Trenggalek memiliki kebiasaan belajar yang beragam. Maka penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui gambaran kebiasaan belajar mahasiswa dan hubungannya terhadap hasil belajar Mata Kuliah Metodologi Penelitian pada angkatan 2020 dan 2021 di STKIP PGRI Trenggalek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kebiasaan Belajar terhadap Hasil Belajar pada mata kuliah metodologi penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi PBSI angkatan 2020 dan 2021 sebanyak 54 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik sampling purposive dengan sampel sebanyak 48 responden. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat meliputi uji normalitas data dan uji linieritas. Uji hipotesis meliputi uji korelasi Product Moment dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan Kebiasaan Belajar (X) terhadap Hasil Belajar (Y) pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian mahasiswa Program Studi PBSI Angkatan 2020 dan 2021 yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,448 dengan tingkat hubungan yang sedang antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar karena berada pada interval 0,40 – 0,59 dengan kontribusi sebesar 31%. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel Kebiasaan Belajar (X) dan Hasil Belajar (Y) dengan tingkat hubungan sedang."
Tidak tersedia versi lain