Text
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIKU BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA TULIS ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS 1 SEKOLAH DASAR
"Bahan ajar memiliki peran yang sangat penting bagi guru dan siswa, apalagi untuk peserta didik
berkebutuhan khusus. Namun, pada kenyataannya masih banyak sekolah yang belum
mengembangkan bahan ajar. Selain itu, rata-rata anak berkebutuhan khusus juga belum mengetahui
dan memahami kearifan lokal, khususnya di Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan bahan ajar komik berbasis kearifan lokal untuk peserta didik berkebutuhan khusus
dan menguji keefektifan serta kevalidan bahan ajar komik berbasis kearifan lokal untuk peserta didik
berkebutuhan khusus kelas 1 sekolah dasar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan
pengembangam (Research & Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE.
Tahapan model ADDIE meliputi Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development
(Pengembangan), Implementation (Penerapan), dan Evaluation (Evaluasi). Pada penelitian ini
digunakan instrumen berupa angket dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi,
wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif dan analisis
kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar komik berbasis kearifan lokal valid
dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, dari hasil uji paired sample t-test dan uji N-Gain
menunjukkan adanya pengaruh dari penggunaan bahan ajar komik berbasis kearifan lokal dan
termasuk ke dalam kategori tafsiran cukup efektif. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahan ajar
komik berbasis kearifan lokal cukup efektif dan berpengaruh dalam meningkatkan minat membaca
dan menulis peserta didik berkebutuhan khusus kelas 1 sekolah dasar."
Tidak tersedia versi lain