Text
PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS DORATOON UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS II SD
"Kemampuan numerasi adalah kemampuan berpikir menggunakan konsep,
prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari.
Untuk mempermudah dalam pembelajaran peneliti menggunakan sebuah media
yaitu video pembelajaran. Video pembelajaran yang digunakan yaitu video animasi
berbasis doratoon. Hasil observasi siswa kelas II dan wawancara guru kelas II,
diketahui bahwa kemampuan numerasi masih rendah ditandai dengan siswa belum
memahami numerasi pada materi pengukuran berat benda karena pada saat guru
menjelaskan materi masih belum bisa menangkap secara langsung dari yang
diajarkan. Oleh karena itu, penelitian ini sangat penting dengan mengembangkan
media video animasi berbasis doratoon untuk meningkatkan kemampuan numerasi.
Tujuan dari penelitian yaitu untuk menghasilkan produk pengembangan media
video animasi berbasis doratoon.
Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu Reseach and Development
(RnD). Model pengembangan produk ini yaitu model 4-D (Four-D). Teknik Sampel
yang digunakan yaitu sampling jenuh pada seluruh siswa kelas II yang berjumlah
43 siswa di SDN Wonokerto sebanyak 9 siswa, SDN 1 Nglebo 24 siswa, dan SDN
2 Suruh sebanyak 11 siswa. Teknik pengumpulan data dengan melakukan
wawancara, observasi, angket, dan tes. Analisis data pada penelitian ini
menggunakan analisis data uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal,daya
pembeda soal, normalitas, homogenitas , hipotesis dan uji keefektifan.
Hasil penelitian yang dilakukan yaitu kevalidan media video animasi
berbasis doratoon untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas II SD
sudah layak untuk digunakan dan telah di validasi oleh para ahli. Dengan hasil
rekapitulasi para ahli mendapatkan rata-rata persentase sebesar 95%, maka
tergolong dalam kriteria “Sangat Valid”. Hasil perolehan nilai pre-test dan post-test
setelah penggunaan media diketahui nilai rata-rata nilai hasil pre-test sebesar 52,77
dan untuk rata-rata nilai nilai hasil post-test menjadi sebesar 87,22. Serta terdapat
peningkatan nilai sebesar 35,31%. Hasil dari uji keefektifan yaitu 63,27 sehingga
dikategorikan efektif.
Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media video
animasi berbasis doratoon efektif untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa.
Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi dalam proses
pembelajaran matematika menjadi lebih menarik dan dapat meningkatkan
kemampuan numerasi siswa kelas II SD."
Tidak tersedia versi lain