Text
PENGEMBANGAN MEDIA BUSY BOOK CULTURAL DIVERSITY DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF IPAS PESERTADIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR
"Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran inovatif berupa Busy Book yang mengintegrasikan konsep Cultural Diversity dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Busy Book ini dirancang untuk memperkaya pengalaman belajar siswa dengan menyediakan materi yang interaktif dan menarik, sekaligus memperkenalkan keragaman budaya kepada mereka.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Pada tahap analisis, kebutuhan siswa dan kurikulum dipertimbangkan untuk memastikan bahwa Busy Book yang dikembangkan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan standar pendidikan yang berlaku. Tahap desain melibatkan pembuatan konsep dan konten Busy Book yang mencakup berbagai budaya serta keterkaitan dengan materi IPAS. Tahap pengembangan melibatkan pembuatan prototipe Busy Book dan uji coba terbatas di kelas IV SD. Implementasi dilakukan dengan menggunakan Busy Book sebagai media pembelajaran di kelas, dan evaluasi melibatkan pengukuran peningkatan kemampuan kognitif siswa serta umpan balik dari guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Busy Book Cultural Diversity secara signifikan meningkatkan kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran IPAS. Selain itu, siswa menunjukkan minat yang lebih tinggi terhadap materi pelajaran dan lebih memahami konsep keragaman budaya. Umpan balik dari guru dan siswa juga positif, menunjukkan bahwa Busy Book ini efektif sebagai media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. Penelitian ini menyarankan agar Busy Book Cultural Diversity diintegrasikan dalam kurikulum sekolah dasar sebagai media pembelajaran alternatif untuk mata pelajaran IPAS."
Tidak tersedia versi lain