Text
PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK BERBASIS QR BARCODE DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KOGNITIF SISWA KELAS IV
Penelitian pengembangan media pembelajaran big book ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman kognitif siswa. hal ini ditandai dengan peserta didik yang belum bisa kesulitan dalam memahami kronologi sejarah, kurangnya pemahaman konsep sejarah, kesulitan dalam menghubungkan sejarah dengan kehidupan sehari-hari, minimnya minat dan motivasi belajar dan kurang kurangnya pengetahuan tentang sejarah yang ada di indonesia. Pada penelitian ini menggunakan purposive sampling seluruh siswa kelas IV di SDN 1 Kelutan 22 peserta didik, SDN 2 Kelutan 8 peserta didik, SDN 3 tamanan 17 peserta didik, dan SDN 2 Ngares 10 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan angket. Hasil validasi ahli media, ahli materi, ahli bahasa memperoleh nilai rata-rata sebesar 91.99%.Setelah validasi kemudian dilaksanakan uji skala kecil di SDN 2 Ngares dengan jumlah 10 siswa. Pada uji skala kecil memperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 46,7%, nilai rata-rata post-test sebesar 87,9%, dan rata-rata skor angket respon peserta didik memperoleh 96%. Uji skala besar dilakukan di SDN 1 Kelutan, SDN 2 Kelutan, SDN 3 Tamanan, dengan jumlah 47 siswa. Uji skala lapangan memperoleh nilai rata-rata pre-test sebesar 62.02, nilai rata-rata post-test sebesar 80.70, dan rata-rata skor angket siswa sebesar 96%. Untuk uji keefektifan (N-gain) pemahaman kognitif sebesar 61,82 di kategorikan “efektif”.
Tidak tersedia versi lain