Text
PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DAN GOTONG ROYONG DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SISWA KELAS IV DI SDN 2 KEDUNGLURAH
"Kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan ini sangatlah berperan sekali dalam proses pembentukan karakter pada siswa termasuk nilai karakter mandiri dan gotong royong. Pendidikan karakter mandiri dan gotong royong diharapkan mampu untuk bertoleransi, suka menolong, dapat bekerja sama dengan baik, serta aktif dalam kegiatan masyarakat. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan adanya kemunduran karakter pada siswa. Oleh karena itu pentingnya peneliti melakukan penelitian untuk menganalisis penguatanpendidikan karakter mandiri dan gotong royong dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka siswa kelas IV di SDN 2 Kedunglurah. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penguatanpendidikan karakter mandiri dan gotong royong dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pada penelitian ini yang menjadi sumber data penelitian adalag guru kelas, pembina pramuka, dan siswa kelas IV berjumlah 12 siswa dari SDN 2 Kedunglurah. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket. Tahapan dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam proses pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triagulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa belajar berbagai keterampilan ekstrakurikuler pramuka yang akan membawa perubahan karakter anak yang sebelumnya kurang mandiri menjadi lebih mandiri, serta memiliki solidaritas dan gotong royong antar sesama. Sehingga pendidikan pramuka berpengaruh terhadap karakter mandiri dan gotong royong. Pembina mengemas pendidikan pramuka dengan menerapkan metode kepramukaan yaitu belajar sambil melakukan, sistemnya berkelompok, kegiatannya menarik dan menantang, di alam terbuka, hadir orang dewasa tanda cakap satu an terpisah untuk putra putri.
Sehingga dapat disimpukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat membentuk dan melatih karakter mandiri dan gotong royong melalui latihan rutin, bazar, perlombaan, materi pembuatan tandu, yel-yel, alat penjernih air siswa diajarkan untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki sehingga dapat menyelesaikan tugass yang diberikan. Siswa diminta untuk dapat mempraktekkan dan dikerjakan secara mandiri maupun berkelompok. Diharapkan penelitian ini, dapat digunakan rujukan dalam penguatanpendidikan karakter mandiri dan gotong royong pada kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Selain itu, diharapkan dapat digunakan sebagai referensi dalam melakukan penelitian selanjutnya
"
Tidak tersedia versi lain