Text
EFEKTIFITAS PEGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Hasil belajar kognitif adalah hasil dari usaha belajar yang sudah dicapai oleh siswa yang mencakup ranah kognitif atau pengetahuan setalah dicapai oleh siswa yang mencakup ranah kognitif atau pengetahuan setelah mengajarkan sesuatu yang dipelajarinya dalam kegiatan proses belajar. Hasil wawancara yang dilakukan dengan guru kelas V SDN 2 Jatiprahu dan SDN 1 Sumberingin ditemukan bahwa khususnya dalam pembelajaran PPKN belum optimal dikarenakan siswa masih kurang menguasai materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental jenis nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah non probabilitiy sampling dengan jenis sampling purposive sampling. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan menggunakan tes tulis yang terdiri dari tes uraian serta lembar kuesioner yang diberikan khusus untuk kelas eksperimen. Analisis data hasil penelitian kemudian di uji menggunakan independent sample t-test untuk menguji hipotesis peningkatan nilai n-gain menggunaan media video pembelajaran. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan atas hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan media video pembelajaran kearifan lokal dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvesional. Hal tersebut terbukti dengan pengujian nilai post-test antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan uji independent sample test menghasilkan nilai 0,000< 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis kearifan lokal efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V sekolah dasar. Penulis memberikan saran agar seluruh pihak yang terkait baik sekolah ataupun guru dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan media selain buku paket dan merekomendasikan dengan menggunakan media video pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V sekolah dasar.
Tidak tersedia versi lain