Text
PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL NESIA BERBASIS MOBILE PHONE UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KEWARGAAN PADA MATERI NEGARAKU INDONESIA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi media digital “NESIA” (Negaraku Indonesia) sebagai alat bantu ajar untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV SDN 1 Duren dan SDN 2 Sambirejo. Meskipun kedua sekolah memiliki fasilitas yang mendukung, penggunaan sarana dan prasarana dalam pembelajaran masih terbatas pada papan tulis, media cetak, dan poster, yang sering menghasilkan pembelajaran yang membosankan. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Populasi penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas IV di Kabupaten Trenggalek, dengan sampel sebanyak 38 siswa dari SDN 1 Duren dan SDN 2 Sambirejo yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Penelitian dilakukan pada Mei 2024 dengan uji instrumen, uji skala kecil, dan uji skala lapangan. Hasil validasi menunjukkan bahwa media digital “NESIA” sangat baik diterima oleh ahli materi (100%), ahli bahasa (97,5%), ahli media (82,6%), dan ahli pembelajaran (100%). Respon siswa terhadap media ini sangat positif (93,3%), dan literasi kewargaan siswa meningkat hingga 85%. Uji paired sample test menunjukkan peningkatan signifikan dengan nilai signifikansi 0,001, dan mean persentase N-Gain sebesar 63,0948%, yang dikategorikan sebagai “Cukup Efektif”. Kesimpulannya, media digital “NESIA” efektif dalam meningkatkan literasi kewargaan pada siswa kelas IV SD dalam materi Pendidikan Pancasila.
Tidak tersedia versi lain