Text
ANALISIS PERAN LINGKUNGAN BELAJAR DALAM LITERASI BUDAYA SISWA KELAS IV SDN 3 KEDUNGSIGIT KABUPATEN TRENGGALEK
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran lingkungan belajar dalam meningkatkan literasi budaya siswa kelas IV di SDN 3 Kedungsigit, Kabupaten Trenggalek. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru, orang tua siswa, dan analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan belajar memainkan peran yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman dan apresiasi siswa terhadap budaya lokal.
Guru memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, interaktif, dan inspiratif untuk meningkatkan literasi budaya siswa. Namun, terdapat tantangan dalam optimalisasi peran lingkungan belajar, seperti minimnya partisipasi orang tua, keterbatasan akses sumber belajar, dan kurangnya dukungan dari pihak sekolah.
Rekomendasi dari penelitian ini mencakup pengembangan program literasi budaya yang lebih menitikberatkan pada kearifan lokal, peningkatan keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran, serta peningkatan peran aktif sekolah dalam menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan beragam.
Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan literasi budaya siswa kelas IV di SDN 3 Kedungsigit dan menjadi acuan bagi pengembangan pendidikan di daerah tersebut.
"
Tidak tersedia versi lain