Text
PENERAPAN METODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
"Kemampuan membaca adalah keterampilan memahami dan menafsirkan pesan dari bahan bacaan. Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) adalah salah satu metode membaca yang didalamnya terdapat tahapan yang dilakukan oleh peserta didik. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya membaca teks belum mencapai hasil yang maksimal karena ada sebagian peserta didik masih mengalami kesulitan dalam menentukan pesan yang terkandung dalam teks bacaan. Variasi metode pembelajaran penting dalam mengembangkan kemampuan membaca peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas V sekolah dasar.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V sekolah dasar di SDN 1 Siyotobagus dan SDN 2 Tanggulwelahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa soal tes kemampuan membaca dan angket pernyataan respon peserta didik dan pendidik. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji efektivitas dan uji hipotesis.
Hasil uji efektivitas penggunaan metode pembelajaran terhadap kemampuan membaca peserta didik menunjukkan hasil yang signifikan. Metode pembelajaran konvensional ceramah memiliki tingkat efektivitas sebesar 27,34% dengan kategori tidak efektif. Sedangkan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) memiliki tingkat efektivitas sebesar 56,54% dengan kategori cukup efektif. Penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dapat membantu peserta didik menemukan informasi – informasi penting dalam teks bacaan. Uji independent sample t test menunjukkan nilai sig. < 0,05. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) terhadap kemampuan membaca peserta didik kelas V sekolah dasar. Diharapkan dengan metode pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) peserta didik dapat terampil dalam membaca dan nantinya berpengaruh untuk keberhasilan belajarnya."
Tidak tersedia versi lain